Sabtu, 03 Juni 2017

Menyambut Bulan Suci Ala Riau

di Juni 03, 2017
Marhaban ya ramadhan. Bagaimana puasanya para sahabat semua ? mudah-mudahan selalu diberi kelancaran ya amin. Oke kali ini kita akan sedikit mengupas tradisi menyambut bulan suci ala masyarakat Riau khususnya masyarakat Kampar guys. Untuk masyarakat pekanbaru tradisi menyambut bulan suci ini dinamai dengan petang megang yang di adakan di tepi sungai siak tepatnya di bawah jembatan siak satu guys, sedangkan untuk masyarakat Kampar sendiri tradisi sebelum menyambut bulan suci itu dinamakan balimau kasai yang diadakan sehari sebelum hari pertama puasa.


Tradisi balimau kasai ini adalah tradisi turun temurun masyarakat Kampar. Tradisi ini sebenarnya mandi dengan limau kasai yang dipercaya sebagai pengganti sabun untuk membersihkan seluruh tubuh kita agar dapat lancar menjalankan ibadah puasa. Tradisi ini biasanya diadakan di tepi tepi sungai Kampar, dimana disetiap desa memiliki rangkaian acara nya masing-masing. Untuk kali ini saya akan membahas tradisi balimau kasai di desa muara jalai Kampar utara.
Tradisi balimau kasai ini diadakan di tepi sungai Kampar yang diberi nama pulau kosiok. Sebelum saya menjelaskan rangkaian acara yang ada di pulau kosiok ni guys. Biasanya ada satu hal yang ga bisa di lupakan dari rangkaian acara balimau kasai ini yaitu hilir, kebanyakan orang biasanya hilir mengikuti arus sungai dari tempat-tempat tertentu dan menepi di pulau kosiok ini guys.
Rangkaian acara yang di adakan di pulau kosiok ini antara lain di buka oleh para pejabat tinggi pemerintah seperti pada tanggal 26 mei lalu acara ini dibuka langsung oleh gubernur Riau yaitu bapak arsyad. Selain di buka oleh gubernur Riau juga dihadiri oleh petinggi petinggi Kampar termasuk bupati Kampar lo guys. Kebayang gak betapa seru nya acara balimau kasai di pulau kosiok ini.


Setiap tahun nya acara ini selalu memiliki perkembangan yang pesat. Dari yang tadinya tidak dikenal oleh orang luas hingga sekarang di kenal oleh banyak orang bahkan banyak orang yang rela jauh-jauh hanya untuk hadir dan mengikuti acara balimau kasai ini. Rangkaian acara nya ada banyak guys seperti pacu sampan yang menjadi salah satu rangkaian acara yang selalu di tunggu tunggu, selain itu juga ada panjat pinang, hiburan hiburan lainnya serta yang paling utama ni guys mandi balimau di sungai Kampar. 




Gimana guys ? tertarik untuk mengunjungi pulau kosiok di tahun depan ? ayo ayo kita sama sama lestarikan kekayaan budaya lokal yang kita punya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Lifestyle Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos