Sabtu, 03 Juni 2017

Insomnia ? Mengapa harus Insom ?

di Juni 03, 2017

Insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk terlelap maupun untuk tetap terlelap, meskipun kalian memiliki kesempatan itu. Umumnya seseorang dengan insomnia tidak akan puas dengan kualitas tidurnya dan masih merasa kelelahan saat bangun keesokan paginya. Kondisi ini mungkin disebabkan seringnya terbangun di tengah tidur, yang juga merupakan salah satu gejala insomnia. Menurut para ahli, tidur terbaik untuk seseorang berkisar antara 6 s.d 8 jam sehari.

Gangguan tidur ini bisa disebabkan karena banyak hal. Sehingga secara umum, berdasarkan penyebabnya, gangguan tidur ini dibedakan menjadi:
·         Insomnia primer. Insomnia yang terjadi bukan karena gangguan kesehatan lainnya dan
·         Insomnia sekunder. Insomnia yang terjadi karena suatu gangguan kesehatan tertentu.
Sedangkan berdasarkan lama waktu terjadinya, gangguan tidur ini dibedakan menjadi:
·         Insomnia akut. Insomnia yang terjadi dalam waktu yang relatif pendek karena sebab tertentu seperti gugup mendekati masa ujian. Insomnia akut ini umumnya terjadi selama satu malam hingga beberapa minggu dan
·    Insomnia kronis. Insomnia dalam rentan waktu yang relatif panjang yang terjadi karena kondisi psikologi yang sedang tidak baik yang bisa bertahan tiga malam tiap minggu hingga beberapa bulan.
Padahal, perlu kalian ketahui bahwa memiliki waktu tidur berkualitas yang kurang dapat menyebabkan banyak hal, dari berisiko mengalami kecelakaan kerja, produktivitas harian yang terganggu, kemampuan dalam mengingat yang menurun, berpeluang mengalami kenaikan berat badan hingga menurunnya kecantikan kulit kalian guys. Insom juga menyebabkan kurangnya darah karena sirkulasi darah yang tidak teratur.


Tapi, sekarang kalian ga perlu khawatir guys untuk mengatasi insom ini. Disini akan kita bahas bahaimana cara mengatasi insomnia
1.      Jauhi kafein setelah pukul 14.00
Saya yakin kalian sudah tau efek konsumsi kafein. Yup, minuman berkafein dapat mengakibatkan seseorang menjadi susah tidur, apalagi jika kafein yang ia konsumsi dalam kadar tinggi seperti pada kopi hitam. Minuman kafein tak hanya kopi saja, tapi minuman jenis lain seperti soda, minuman energi, dan bahkan teh pun juga mengandung kafein. Diperlukan waktu beberapa jam agar kafein dalam tubuh hilang, oleh karenanya hindari kafein setelah memasuki pukul 14.00 sore hari.
2.      Hindari stress dimalam hari
Bagi kebanyakan orang, ini jauh lebih mudah diucapkan dari pada dilakukan. Mulai sekarang luangkan waktumu untuk mengurangi stres setelah beraktivitas seharian penuh, khususnya ketika memasuki waktu tidur.
3.      Tidur lebih awal
Mungkin cara mengatasi insomnia satu ini bertentangan dengan seseorang yang mengalami susah tidur, sebab mereka harus menghabiskan waktu lebih banyak di kamar jika harus pergi tidur lebih awal.Meski terlihat bertentangan, tapi pergi tidur 30 menit lebih awal sambil membaca buku sangat efektif untuk mengatasi insomnia. Jangan sekali-kali menggunakan waktu itu untuk bekerja di depan laptop dan merevisi laporan.
4.      Hindari melihat ke arah jam
Mungkin beberapa diantara kamu memilih memasang jam dinding dalam kamar tidur, dengan tujuan agar bisa terbangun tepat waktu. Akan tetapi, sebetulnya ini justru akan membuat kamu susah tidur alias insomnia, apalagi jika jam dinding tersebut berhadapan langsung dengan pandangan saat tidur.
5.      Menetralisir suara
Suara kendaraan, anjing menggonggong, tetesan keran, jam dinding, dan sebagainya dapat menyita banyak waktu tidur kamu. Oleh sebab itu, sebaiknya netralisir suara-suara yang terdengar tersebut ketika kamu hendak tidur. Misalnya dengan menutup kamar rapat-rapat dan memakai penutup telinga alias ear plugs.
6.      Banyak minum air putih atau susu
Susah tidur salah satunya juga bisa disebabkan karena tubuh dehidrasi alias kekurangan cairan. Idealnya kita wajib mengonsumsi air putih minimal 2 liter sehari atau 8 gelas. Semakin banyak mengonsumsinya maka akan semakin baik bagi kesehatan.
7.      Olahraga teratur
Secara tak langsung, olahraga sebenarnya dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Semakin banyak aktivitas fisik yang kamu lakukan, maka akan semakin besar tuntutan tubuh untuk beristirahat. Kedaan tubuh yang lelah sehabis olahraga inilah yang akan membuat kamu tertidur nyenyak di malam hari. Maka dari itu, luangkan waktu 30 menit di pagi hari untuk berolahraga ya.
8.      Jangan tertalu terobsesi dengan tidak bias tidur
Banyak penelitian mengungkapkan bahwa orang yang terlalu khawatir soal tidak bisa tidur biasanya adalah yang paling kesulitan mengatasi insomnia. Ingatlah, meski insomnia adalah penyakit yang cukup serius, namun itu dapat diobati.
9.      Meningkatkan aktivitas di siang hari
Dengan lebih aktif di siang hari, kalian akan lebih mudah untuk terlelap di malam hari. Tentu saja, untuk mengatasi insomnia, jenis aktifitas yang dibutuhkan adalah aktifitas fisik. Peredaran darah akan lebih lancar dan tubuh akan membutuhkan istrirahat.
10.  Jangan lupa Sholatnya
Ini nih yang paling penting! Sebelum tidur sebaiknya pastikan kamu (yang beragama Islam) sudah melakukan sholat Isya’. Gerakan-gerakan sholat Isya’ ternyata secara tak langsung dapat melancarkan peradaran darah menuju otak, sehingga membuat pikiran lebih tenang dan rileks. Sedangkan bagi kamu yang sering terbangun tengah malam, misalnya jam 01.00-03.00, lebih baik lakukan sholat malam alias tahajud, bukannya update status di sosmed hehe. Selain dapet pahala, kamu juga akan tertidur lebih nyenyak sampai subuh datang loh.

Oke guys itu dia beberapa cara yang dapat mengatasi insomnia nya kalian nih. Mudah-mudahan yang insom cepat sembuh ya. Agar tubuh nya kalian jauh dari berbagai penyakit lainnya. Semoga bermanfaat.

Daftar pustaka

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Lifestyle Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos