Sabtu, 03 Juni 2017

Makanan Sehat untuk Tubuh yang Sehat

di Juni 03, 2017
Makanan merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi oeh manusia demi kelancaran hidup serta tumbuh kembang manusia. Pada era modernisasi saat ini makanan sehat mulai langka karena banyaknya makanan cepat saji yang beredar di dunia. Padahal sebenarnya makanan siap saji kurang baik untuk kesehatan manusia. Kesadaran masyarakat saat ini tentang pola hidup sehat pun sudah mulai menurun. Jika kita sering mengonsumsi makanan yang asal-asalan dan tidak sehat tentu saja hal ini dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.
Makanan yang sehat adalah hal yang harus kita perhatikan dalam memenuhi kebutuhan konsumsi sehari-hari. Makanan yang sehat memiliki peranan yang besar dalam menjaga dan meningkatkan kekebalan imun manusia.




Untuk itu kita akan membahas bagaimana cara memilih makanan yang sehat agar mendapatkan tubuh yang sehat :

1.      Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi

Nutrisi sangat penting bagi tubuh. Karena itulah kita harus membutuhkan banyak nutrisi untuk mendapatkan tubuh sehat. Sekitar 40 nutrisi yang harus dikonsumsi agar tubuh anda tetap sehat. Tidak cukup hanya dengan nasi ataupun lauk saja tetapi makanan bergizi lainnya yang harus anda konsumsi.

2.      Memilih buah dan sayur organic

Jenis makanan organik tentu saja memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang lebih sehat jika dibandingkan dengan buah biasa. Hal ini dikarenakan buah dan sayuran organik tidak menggunakan pestisida dan bahan kimia lainnya. seperti yang diketahui bahan kimia dan pestisida dapat merusak sel-sel di dalam tubuh.

3.      Protein hewani untuk tubuh


Protein yang berasal dari protein hewani juga sangat baik untuk tubuh asalkan anda mengkonsumsinya dalam takaran normal tidak berlebihan. Daging hewan mengandung banyak gizi dan protein yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan yang ada pada hewan ada juga yang tidak dapat kita peroleh dari sayur-sayuran, jadi kita diharuskan untuk mengkonsumsi daging untuk melengkapi kebutuhan protein dalam tubuh kita.

4.      Hindari junk food

Anda ingin memakan junk food? Boleh-boleh saja kok. Tetapi perlu anda ketahui jika anda memakan junk food sebaiknya membuat sendiri. Karena junk food yang dibuat dari tangan sendiri pasti terjamin higenis.

5.      Hindari makanan olahan

Mengurangi makanan  olahan dari bahan daging, seperti nugger, sosis, daging asap dan lainnya. Karena makanan olahan tersebut mengandung pengawet yang berupa senyawa nitrat. Dan jika senyawa ini masuk ke dalam tubuh dengan jumlah yang berlebih tentu saja dapat membuat kesehatan tubuh terganggu. Selain masalah pencernaan, salah satu penyakit berbahaya yang dapat disebabkan oleh daging olahan adalah penyakit kanker.

6.      Makanan yang masih segar

Jika anda pergi ke pasar atau ke supermarket untuk memebeli bahan-bahan makanan maka pastikanlah makanan yang anda beli masih dalam kondisi segar dan enak dimakan karena jika tidak maka itu akan berpengaruh untuk badan dan kesehatan anda. Jika anda memilih bahan makanan yang tidak segar maka bisa jadi bakteri pada bahan makanan yang anda beli itu akan masuk pada tubuh anda jika anda memakannya.

7.      Mengganti cemilan dengan sayur atau buah

Jika anda sering sekali membeli cemilan, maka saya sarankan jika anda ingin hidup sehat gantilah camilan yang anda beli dengan buah dan sayur karena makanan ini selain bergizi tentu saja menyehatkan untuk tubuh.

8.      Mengurangi penggunaan micin atau penyedap rasa


Hal yang membuat tubuh anda sehat salah satunya adalah mengurangi penyedap rasa jika anda sedang memasak sesuatu. Karena menggunakan penyedap rasa yang berlebihan akan membuat respon tidak baik untuk kesehatan. Walaupun memang jika memasak makanan dengan menggunakan penyedap rasa akan membuat rasanya menjadi tambah enak. Akan tetapi dampaknya membuat anda akan semakin menurun.

9.      Sayur aneka warna

Sayur aneka warna merupakan cara yang tepat untuk anda yang sedang memilih hidup sehat ataupun sedang mencari variasi makanan. Selain dapat membuat makanan atau sayuran itu menarik untuk dimakan sayuran sendiri memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh dan dapat mencegah penyakit kronik.

10.  Hindari jajanan yang berwarna mencolok

Biasanya makanan ataupun jajanan yang dijual dipasaran dengan warna yang mencolok dan cerah mengandung beberapa zat pengawet dan tentunya pewarna yang berbahaya. Oleh karena itu lebih baik mengonsumsi makanan yang tidak berpengawet dan tidak berwarna yang terlalu mencolok.

11.  Memilih bahan makanan local disbanding impor

Makanan impor yang dikirim dari jarak jauh memiliki kadar O2 yang lebih sedikit dan pastinya itu disuntikan bahan kimia agar lebih tahan lama. Tentu makanan impor tidak sehat.

12.  Makanan yang dimasak hingga matang

Baik sayur, lauk pauk hingga daging. Mengonsumsi makanan yang masih setengah matang dapat meningkatkan resiko bakteri masuk ke dalam tubuh. Daging yang masih setengah matang mengandung parasit toksoplasmosis, bakteri salmonella dan jenis mikroba lainnya. bakteri tersebut dapat menyebabkan masalah yang serius pada pencernaan, seperti diare hingga keracunan. Tak hanya itu saja ibu hamil yang mengonsumsi makanan masih setengah matang memiliki dampak buruk terhadap janin yang ia kandung.

13.  Perhatikan tanggal kadaluarsa

Jika Anda menyukai makanan kemasan seperti cemilan kemasan, minuman kalengan ataupun lauk kalengan pastikan memperhatikan tanggal kadaluarsanya. Karena jika makanan tersebut sudah kadaluarsa, makanan tersebut akan mengandung bakteri yang dapat memicu penyakit.


Itu dia beberapa cara memilih makanan yang baik bagi tubuh kita. Jika ingin hidup sehat dan bebas dari ancaman penyakit, maka mulailah bijak dalam mengatur konsumsi makanan sehari-hari.



sumber :

http://kampoengilmu.com/cara-memilih-makanan-sehat/ 

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Lifestyle Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos